Detail Journal
Author
NIDN : 2106129006
Tempat, Tgl Lahir : Guntung Papuyu, 1990-12-06
No Telpon : 081912194025
Alamat Lengkap : Kompek Persada Indah V No. 3 RT. 23 Kel. Handil Bakti Kec. Alalak Kab. Batola
Kategori Al Gazali
Download 20220531-Artikel Jurnalq.docx
Judul PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI LAGU-LAGU RELIGI DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI MTS NEGERI MULAWARMAN BANJARMASIN
Abstract Kegiatan pembelajaran pada prinsipnya merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu strategi pembelajaran harus diarahkan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum agar setiap individu mampu menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat dan yang pada gilirannya mereka menjadi komponen penting untuk mewujudkan masyarakat belajar. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak seorang guru diharapkan mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat agar memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran guna memperoleh hasil belajar yang baik. Adapun salah satu strategi pembelajaran ialah dengan menggunakan melalui lagu-lagu religi yang dapat diterapkan pada mata pelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin. Jenis penelitian ini merupakan jenis Penelitian Eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Desain. Dalam mengambil objek penelitian, penulis melakukan pengambilan sampel secara bertujuan (purposive). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin yang berjumlah 958 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII G dan VII H, yaitu berjumlah 81 orang siswa dan 1 orang guru Akidah Akhlak.
Temuan penelitian ini adalah 1) Hasil belajar siswa kelas kontrol meningkat dari 57,5 (Pre-test) menjadi 73 (Post-Test). 2) Hasil belajar siswa kelas eksperimen juga meningkat dari 64,65 (Pre-Test) menjadi 81,46 (Pos-Test). 3) Adanya perbedaan hasil yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menerapkan dan yang menerapkan strategi pembelajaran akidah akhlak melalui lagu-lagu religi di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara “t” dalam perhitungan pada saat Post-test (t_o= 3,45) dan besarnya“t” yang tercantum pada tabel nilai “t” (5%= 1,99 dan 1%= 2,64) maka dapat diketahui bahwa t_o adalah lebih besar daripada t_t , yaitu: 1,99 <3,45>2,64, yang berarti perbedaannya adalah signifikan.