Detail Journal
Author
NIDN : 2124089201
Tempat, Tgl Lahir : Samarinda, 1991-08-24
No Telpon : 085245423379
Alamat Lengkap : Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar
Kategori Al Gazali
Download 20220728-0. Artikel Bimbingan Keagamaan_ Ust Yusuf & Dy7.docx
Judul BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI MASYARAKAT DI KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR
Abstract Pada saat observasi awal, peneliti menemukan ada banyaknya bimbingan keagamaan yang dilaksanakan khususnya yang ada di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Peneliti melihat ambisi para jama’ah yang sering aktif dalam bimbingan keagamaan tersebut. Itulah alasasn yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian khsusnya terhadap keadaan jama’ah serta apa yang menjadi tujuan mereka sehingga mereka sangat aktif dalam mengikuti bimbingan keagamaan tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jama’ah bimbingan keagamaan di kecmatan Tatah Makmur kabupaten yang berjumlah 62 bimbingan keagamaan dan penarikan sampel menggunakan pendekatan sampel ganda (Double Sampling). Sumber data yaitu responden atau jama’ah, pengurus serta guru, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi para jama’ah dalam mengikuti bimbingan keagamaan adalah untuk memperbaiki kualitas hidup mereka. Untuk mencapai niat mereka, akhirnya mereka meminta guru untuk membimbing mereka dengan mengadakan bimbingan keagamaan. Adapun bidang ilmu yang menjadi pilihan mereka adalah; tauhid, akhlak, Fikih dan hadist yang semua bidang itu mereka meminta guru untuk menyampaikannya. Guru menyampaikan materi atau ilmu dengan bahasa setempat sehingga penyampaian materi dikategorikan mudah oleh jama’ah. Dalam pelaksanaannya para jama’ah tidak menemukan masalah yang serius yang harus ditangani sehingga pelaksanaan bimbingan keagmaan berjalan kondusif.
Kata Kunci : Bimbingan, Keagamaan, Masyarakat.